Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Beberapa Sebab Do'a Dikabulkan

Beberapa Sebab Do'a Dikabulkan

Pembaca yang berbahagia, Kita meyakini dan mengimani bahwa Allah SWT Maha Pengabul segala do'a Hambanya, Ini sesuai dengan firmanNya:

Apabila hambaKu bertanya tentangKu, jawablah sesungguhnya Aku amat dekat dengan mereka, Aku mengabulkan semua do'a orang yang berdoa bila berdoa padaKu, maka hendaklah mereka memenuhi semua permintaanKu dan mereka benar-benar beriman denganKu, semoga mereka mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Perintah untuk memenuhi perintahNya yang mesti kita penuhi antara lain haruslah makanan dan minuman kita benar-benar halal, sesuai hadis Rasulullah saw: Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata:
Aku membaca ayat ‘Wahai orang orang yang beriman, makanlah makanan yang halal dan baik di muka bumi...’maka berdirilah Saad bin Abi Waqas dan berkata kepada Rasulullah saw:

Ya Rasulullah, doakan aku kepada Allah supaya aku dijadikan orang mustajab (makbul) doanya.
Rasulullah menjawab: "Hai Saad, makanlah makanan yang halal dan baik, tentu engkau akan menjadi orang yang doanya makbul. Demi Allah yang jiwa Muhammad di tanganNya, sesungguhnya seorang memasukkan sesuap makanan yang tak halal ke dalam perutnya, doanya tidak dikabulkan selama 40 hari. Dan seseorang membiarkan dagingnya tumbuh dari harta haram dan riba, maka api nerakalah pula baginya.” (HR. Ibnu Katsir)

Dengan ayat dan Hadis di atas, yakinlah kita, supaya doa kita dikabulkan Allah, perlu diperhatikan dengan seksama, Jangan sampai sesuap makanan haram yang kita telan. Jangan seteguk minuman haram yang kita minum.

Selektiflah dalam memilih makanan, yang meragukan sebaiknya ditinggalkan. Pilih saja makanan atau minuman yang benar-benar halal dan baik.

Demikian juga dengan riba. Allah sangat membenci riba dan inilah yang sering menjadi penghalang pintu doa kita kepada Allah Swt sebagaimana firmanNya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Ali Imran: 130)
Rasulullah SAW juga pernah menjelaskan dosa-dosa riba. Dan yang paling ringan adalah seperti bersetubuh dengan ibu kandung sendiri.

Riba itu memiliki tujuh puluh pintu dosa, yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menyetubuhi ibunya sendiri.” (HR. Ibnu Majah).

Karena itu, bila kita sering berdoa tapi Allah Swt masih belum mengabulkan juga, jangan-jangan ada hal-hal yang salah dalam diri kita.

Mungkin syarat-rukunnya salah, atau kita masih suka makanan haram dan bisa juga kita masih suka hal-hal berbau riba, hutang berbunga, atau mungkin juga karena kita pengguna jasa bunga bank dan lain-lain.

Tegasnya, agar sesuatu makanan atau minuman kita dijamin halal, maka haruslah kita memperhatikan Tujuh hal di bawah ini:

1. Halal zatnya, bukan yang diharamkan seperti babi, bangkai dst;
2. Halal cara memperolehnya, bukan barang curian ataupun rampokan. Termasuk uang untuk membelinya juga berasal dari yang benar benar halal;
3. Halal cara memperosesnya, seperti binatang itu disembelih dengan cara yang benar, menyebut nama Allah dst;
4. Halal cara menyucinya/ membersihkannya sehingga menjadi benar-benar suci;
5. Halal cara memasaknya, tidak dimasak dalam kuali yang bernajis atau mutanajjis;
6. Halal cara menyimpannya, dan;
7. Halal cara memakannya.

Pembaca yang berbahagia, intinya adalah apabila semua persyaratan tersebut telah terpenuhi dengan sempurna, insya Allah makanan, minuman dan pakaian yang kita pakai halaalanthayyibanmubbaarakan dan doa kita pun insya Allah akan makbul.

Demikian,  dan terimakasih atas perhatianya..

Belum ada Komentar

Posting Komentar