Rahasia Besar Dibalik Ziarah Makam Sunan Bonang Tuban

Share

Indonesia merupakan Negara yang luas dengan berbagai suku yang ada di dalamnya. Suku Jawa adalah suku terbesar di Indonesia.

Suku Jawa memiliki berbagai tradisi yang masih hidup sampai sekarang yaitu tradisi ziarah kubur. Ziarah bahkan sudah menjadi agenda tersendiri dalam memenuhi kegiatwasan keagamaannya.

Makam Sunan Bonang salah satunya, peziarah datang dari berbagai daerah dan semakin hari semakin ramai didatangi oleh para peziarah. Disamping ziarah sudah menjadi tradisi di zaman sekarang. Seiring dengan itu, mziarah para peziarah makam Sunan Bonang, mengetahui gambaran ketenangan para peziarah dan pengaruh ziarah untuk menenangkan jiwa.

Dari hasil Obsevasi dan Wawancara peneliti di Makam Sunan Bonang Peneliti temukan tiga halyaitu :
pertama, sosok Sunan Bonang sudah dikenal banyak orang di seluruh Indonesia, Sunan Bonang dikenal sebagai tokoh penyebaran Islam di tanah Jawa Khususnya Kabupaten Tuban dan juga dipercaya sebagai orang suci atau wali, atas dasar itulah para peziarah tertarik untuk melakukan ziarah di makam Sunan Bonang.

Kemudian para peziarah makam Sunan Bonang dalam melakukan ziarahnya sudah berulang kali sampai tidak dapat menghitungnya. Tidak ada hari khusus dalam melakukan berziarah namun yang paling banyak pengunjungnya yaitu mulai hari Sabtu dan hari Ahad.

Ritual yang sering dilakukan peziarah makam Sunan Bonang yaitu berwudlu, kemudian melakukan salam kepada Sunan Bonang, dilanjutkan dengan mengirim fatihah, membaca surat Yasin, Tahlil, dan do'a.

Motivasi Pezarah pun bermacam-macam ada yang ingin mengalap berkah dan tawasul, ada yang curhat kepada Sunan Bonang, ingin lulus ujian, mendapat jodoh, ada juga yang hanya ingin berwisata dan senang-senang, dan ada yang mendoakan orang yang sudah meninggal atau ingat mati.

Kedua, peziarah makam Sunan Bonang memiliki ketenangan jiwa. Seraya berdo'a kepada Allah SWT dengan pelantara Sunan Bonang supaya terhindar dari kegelisahan atau kecemasan, terhindar dari keputus-asaan, bahagia dalam menjalani hidup, tercapai cita-citaNya, tidak mendapatkan halusinasi, dan selalu sabar ketika sedang mendapatkan musibah serta selalu meminta pertolongan Allah untuk dapat mengatasinya.

Ketiga, Ziarah juga dapat menenangkan jiwa para peziarah makam Sunan Bonang. Mereka banyak yang mengatakan bahwa setelah melakukan ziarah hati dan pikiran menjadi tenang, tentram, dan jernih. Ada juga peziarah yang mengatakan dirinya merasa lega, fresh kembali.

Hal demikian karena hakikatnya ziarah itu melakukan wudlu, berdzikir dan berdo'a, membaca al-Qur,an, dan mengingat mati, kesemuannya itu dapat menghantarkan jiwa seseorang menjadi tenang dan damai.
Share

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Besar Dibalik Ziarah Makam Sunan Bonang Tuban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel