Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Majelis Taklim sebagai Media Dakwah



Assalamualaikum.
Karmuji.com: penyuluh Honorer Kec. Palang Tuban.

Sebagai sebuah media atau sarana dakwah, majelis taklim biasanya melaksanakan Tekan yang lama untuk memperbaiki & mengunciama dengan materi tertentu dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten. Bahkan tak jarang untuk menarik minat para anggotanya, diadakan arisan. Ditinjau dari aspek keanggotaan, umumnya majelis taklim beranggotakan kaum perempuan, khususnya para ibu dari berbagai golongan strata sosial.

Sebaliknya ada pula majelis taklim yang beranggotakan kaum laki￾laki. Jumlah anggota pada setiap kelompok majelis taklim, yang tercermin dalam setiap melaksanakan kegiatan, umumnya berkisar antara puluhan sampai seratus orang.
Pengelompokan majelis taklim biasanya didasarkan pada lokasi tempat tinggal, profesi, dan organisasi.

Beberapa nilai positif itu antara lain memupuk sikap musyawarah dan kegotongroyongan, adanya kesetaraan dan persaudaraan, sebagai tempat mencari ilmu pengetahuan, dan sebagai sarana melatih kemahiran membaca surah yasin dan tahlil. Nilai-nilai positif tersebut merupakan beberapa temuan yang telah diperoleh peneliti dari proses pengamatan, dan telah dipaparkan pada bagian terdahulu. Nilai-nilai tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi anggota masyarakat yang mengikuti kegiatan majelis taklim.

Dan karena manfaat tersebut, maka mereka tetap setia dan antusias mengikuti kegiatan majelis taklim. Hal ini sejalan dengan fungsi majelis taklim sebagai lembaga pendidikan non formal (KODI, 1990:8)

Melalui kegiatan majelis taklim para ibu dapat menjalin hubungan yang selama ini putus atau belum tersambung sama sekali dalam arti belum saling kenal. Dengan tersambungnya ikatan kasih sayang antar para ibu, maka ukhuwah Islamiyah semakin erat.

Menurut Quraish Shihab (1996:487) ukhuwah Islamiyah berarti :

“persaudaraan yang bersifat Islami atau yang diajarkan oleh Islam.” 

Persaudaraan yang dipererat jalinannya dalam hal ini adalah persaudaraan antar sesama mukmin. Ajaran tentang persaudaraan antar sesama mukmin ini secara tegas dan jelas disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Hujurat ayat 10 berikut:

Sesungguhnya orang-orang mukmin bersaudara, karena itu lakukanlah ishlah di antara kedua saudaramu”. 

Sekian wawasan dari saya tentang majelis taklim sebagi sarana dakwah.

Sampai berjumpa lagi di waktu selanjutnya..

Terimakasih.
Wassalamualaikum.

Belum ada Komentar

Posting Komentar