Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

BinWin dan simbolis Penyerahan Sertifikat BiWin oleh Kepala KUA Palang


Kegiatan Pada hari kamis 19 Maret 2020 jam 08.30 s.d 11.30 WIB.

Karmuji.com - KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Palang Kabupaten Tuban (Jawa Timur), menyelenggarakan kegiatan bimbingan Perkawinan Pra Nikah kepada para calon pengantin.

Bapak Haris Rihandoko, S.Ag, selaku Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Palang Kabupaten Tuban mengintuksikan bahwa semua calon pengantin wajib diberikan bimbingan terlebih dahulu sebelum melangsungkan pernikahan.

"Program ini sudah dimulai sejak Tanggal 11 Maret 2020 tetapi  baru sebagian peserta yang mengikuti program ini sehinga sebagian lagi di laksanakan pada hari ini kamis 19 Maret 2020.
Program BinWin ini Pematerinya melibatkan pihak KUA selaku tuan rumah,  Penyuluh sekecamatan Palang yang terdiri dari 9 Orang  Selaku Pemateri Fiqh  Munakahat dan Menejemen Keuangan Keluarga dan Instansi Kesehatan yaitu Puskesmas Sumurgung dan Puskemas Palang selaku pemateri Kesehatan Keluarga.
Program BinWin ini baru dilaksanakan 2 Angkatan yaitu,  angkatan Pertama Sebanyak 58 dan pada angkatan kedua Sebanyak 30 orang calon pengantin yang diberikan bimbingan perkawinan Pra Nikah bagi calon pengantin bulan Maret tahun 2020 ini".

Sedangkan Pada Angkatan Ke 3  nanti insyaallah akan diaksanakan pada tanggal 2 April 2020

lebih jelasnya brliau Kepala KUA Palang menambahkan bahwa program BinWin ini akan di adakan 1 Bulan 2 Kali di tiap bulanya. Adapun mekanismenya adalah calon pengantin mendaftarkan diri di KUA Palang untuk mengikuti bimbingan tersebut  dan setelah itu peserta BinWin mengikuti maka peserta langsun akan mendapatkan sertifikat sebagai syarat untuk menikah.

Bimbingan Pra Nikah dan sertifikat ini ditujukan agar para calon pengantin tidak menganggap remeh sebuah perkawinan
dan juga Salah satunya menekan angka perceraian yang ada di Kecamatan Palang.  (Tambah penjelasan Penyuluh Kec. Palang)

Ibu lailatul Rosyidah, S.Ag. MA selaku Penyuluh Agama Fungsional menambahkan  "Iya ini program Nasional, kalau dulu sebelum tahun 2020  itu Suscatin khusus calon pengantin.
 dan juga dilakukannya kegiatan ini dalam rangka untuk mengurangi angka perceraian di Kecamatan Palang sangat lah tinggi, banyaknya angka perceraian di Kecamatan Palang salah datunya disebabkan masih kurangnya pemahaman Warga Kecamatan Palang tentang pernikahan.

Kegiatan ini melibatkan kepegawan yang ada di KUA Palang dan juga seluruh Penyuluh Agama yang ada di Kecamatan Palang:
1. Lailatul Rosyidah, S.Ag MA
2. K. Muhammad Faizin
3. Karmuji, S.Sy, M.Sy
4. Alvin Nsaihin, S.Ag
5. K. Sarwi
6. Dewi Catur Wati, S.Pd
7. Saiful Hilal
8. Irsyad Ridho
9. Hasanuddin

Dokumen 19/03/2020



1 Komentar Pembaca