Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

BAKTI SOSIAL Ranting Banjarsari dalam Upaya Pemeliharaan Lingkungan Bersih, Sehat bebas Covid 19.



Penulis Karmuji.com: Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah dan tempat-tempat ibadah.

Seiring majunya tingkat pemikiran masyarakat serta kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, maka tingkat kesadaran untuk memiliki lingkungan dengan kondisi bersih serta sehat dapat diketahui melalui media cetak dan online. Lingkungan merupakan bagian integral dari kehidupan manusia.


Terjaganya lingkungan bersih dan rapi menjadi kualitas hidup manusia lebih baik.
Kebersihan lingkungan ialah suatu keadaan yang bebas dari kotoran seperti, debu, sampah, dan juga bau karena Covid 19 suka menempel di barang tersebut.

Faktor penyebab masalah kebersihan lingkungan adalah kegiatan manusia yang mencemari lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup sebagai akibat aktivitas manusia pada umumnya disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari masyarakat terhadap akibat dari tindakannya.

Kesadaran masyarakat perlu dibangkitkan untuk memiliki perilaku bersih yang lebih baik dengan memberikan kesadaran kolektif untuk bersama-sama menunjukan perilaku hidup bersih yang lebih baik.


Agar lingkungan yang bersih dan rapi tetap terpelihara dan adanya kesadaran kolektif mengenai perilaku hidup bersih maka perlu solusi nyata yang harus dilakukan.

Ranting NU Banjarsari Desa Tegalbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Lembaga dan Banom yang ada dibawahnya sebagai bagian masyarakat memiliki tanggungjawab pemeliharaan lingkungan bersih dengan mengadakan bakti sosial.

Bakti sosial ini sebagai upaya untuk memelihara lingkungan bersih dan sehat bersih dari Virus Corona. Adapun inti dari kegiatan  ini adalah pemeliharaan lingkungan bersih dan sehat sehingga penyebaran Covid 19.


Kegiatan bakti sosial ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai mitra akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar tempat-tempat ibadah masing-masing dan khusus kebersihan lingkungan  Masjid Al-Hikmah Banjarsari.

Kalau lingkungan bersih maka kita pasti sehat dan aman. Kegiatan bakti sosial bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan asri serta mempererat hubungan antara warga masyarakat, karena melalui kegiatan bakti sosial, warga dapat melakukan aktivitas kegiatan sosial secara bersama-sama.
Pelaksanaan  kegiatan bakti sosial ini menggunakan metode diskusi dan tanya jawab tentang pentingnya lingkungan bersih dan sehat. Selain itu  Ranting NU Banjarsari membangkitkan kesadaran, membangun budaya bersih dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan suatu lingkungan dengan penuh semangat dan menarik.

Berbagai elemen ini dirangkai sedemikian rupa sehingga memungkinkan warga menyadari pentingnya lingkungan bersih, sehat dan nyaman.
Kegiatan  ini dilaksanakan dalam beberapa tahap:
1) Membersihkan/memotong  Rumput yang ada di sekitar masjid Al-Hikmah kemudian mengangkat sampah yang berserakan,
2) Membersihkan Tempat Wudlu, dan mengurasnya,
3) Menyemprotnya dengan disinfektan dll.

Semoga dengan adanya Baksos Ranting NU Banjarsari ini  sekalikus ada dukungan warga untuk  menjaga kesehatan dan kebersihan penulis yakin Covid 19 akan segera sirna. Aamiin

1 Komentar Pembaca