Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Tugas Penyuluh Agama Adalah Menyuluh dan Menjadi Corong Kemenag

 
Tugas pokok Penyuluh agama adalah melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan dalam bahasa agama serta mengembangkan profesi kepenyuluhan agar makin matang dan bermutu. Selain melaksanakan bimbingan atau peyuluhan, para Penyuluh Agama PNS maupun Penyuluh Agama Non PNS adalah corong kementerian Agama.

Mengingat pembangunan bidang agama merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pengetahuan dan penghayatan serta pengamalan umat beragama akan nilai-nilai keluhuran, keutamaan, dan kebaikan yang terkandung dalam ajaran agama. Maka, secara umum, pembangunan bidang agama ini memainkan peran strategis dalam pembangunan nasional karena dapat melandasi dan menjiwai keseluruh arah dan tujuan pembangunan nasional.

"Arah dan model pembangunan nasional bidang agama sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 yang kemudian telah dijabarkan ke dalam RPJMN I (2010-2014) dan RPJMN II 2015-2019. Bertolak dari RPJMN II inilah Kemenag menyusun Renstra 2015-219 Pembangunan bidang Agama, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kemenag,”.

RPJMN II dibidang agama mencakup: pertama; Peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan beragama. Kedua; Peningkatan kerukunan umat beragama. Ketiga; Peningkatan kualitas pelayanan umat beragama. Keempat; Peningkatan kualitas pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah; dan Kelima; Peningkatan tata kelola.

Terkait lima poin di atas, lanjut beliau, maka pentinglah bagi para penyuluh agama Non PNS untuk memahami dan mengimplementasikannya dalam menjalankan Tupoksinya dengan baik. Seperti, melaksanakan tugas penyuluhan dalam bahasa agama, berartisipasi aktif dalam kegiatan lembaga keagamaan. Penyuluh agama juga berperan untuk mendukung pelaksanaan kualitas kehidupan keagamaan, seperti dapat menyumbangkan diri dan tenaga dalam masyarakat, menjadi pelopor dalam menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama, menjadi terdepan dalam pelayanan admistrasi lembaga keagamaan, misalnya pendataan rumah ibadah, dan menyukseskan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah serta mendukung penguatan tata kelola pemerintahan  di lingkungan Kemenag.

Kakankemenag Naldy menandaskan, Penyuluh Agama Non PNS adalah bagian dari Kemenag. Untuk itu, pelaksanaan tugas kepenyuluhan adalah sesuatu yang penting dan semoga tetap menjadi perpanjangan tangan Kemenag demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Belum ada Komentar

Posting Komentar