Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Pengukuhan dan Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS Priode 2020/2024 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban.



Pada hari  Selasa,  7  Juli 2020.  Jam  08.00-13.00 WIB

Penyuluh Agama adalah seorang yang diberi tugas, tanggungjawab dan wewenang oleh Pemerintah untuk melaksanakan bimbingan keagamaan, penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran. Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab tersebut, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban melaksanakan pengukuhan , pembinaan dan pembekalan substansial maupun teknis bagi Penyuluh Agama Islam   non PNS bertempat di  Gedung Ponpen Al-Futuhiyah Selasa 7 Juli  2020 yang di hadiri oleh:
1. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Bapak Drs. Sahid, MM
2. Kasi Bimas Isalam  Kementerian Agama Kabupaten Tuban Bapak Drs. Moh.Qosim, M.MPd
3. 10  Penyuluh Agama Islam PNS Kementerian Agama Kabupaten Tuban
4.  80 Penyuluh Agama Islam Honorer Kementerian Agama Kabupaten Tuban
5. 10 Kepala KUA se-Kabupaten Tuban.
6. 10  Anak Yatim
 Sehingga berjumlah 112 Orang.
Penyuluh Kecamatan Pqlang
Ketua Panitia acara pengukuhan, pembinaan dan santunan anak yatim K. Muhammad Faizin juga Ketua Penyuluh Agama Islam Honoror Kecamatan Palang mengatakan bahwa,  Penyuluh Agama Islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam pelaksanaan tugas membimbing umat dan mengembangkan Visi Misi Kementerian Agama yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir batin.  Dan dalam konteks itulah, kegiatan orientasi bagi Penyuluh Agama Islam  pada saat ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam upaya peningkatan posisi peran Penyuluh Agama dalam melaksanakan dan bimbingan masyarakat dan umat serta pembangunan dalam bahasa agama khususnya di wilayah kabupaten Tuban sehingga terciptanya suasana yang kondusif dan dinamis dan maju.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pada acara pengukuhan dan pembinaan penyuluah agama islam honorer ini di bagi dua zona yaitu zona timur dan zona barat, yang dalam setiap yona Mengakomodir atau mengukuhkan 80 Penyuluh Agama Islam Honorer atau 10 Kecamatan.
Adapun rangkaian acara pada acara tersebut sebahai berikut:
Pembukaan oleh Perwakilan Penyuluh Agama Honorer Kecamatan Palang ( Lailatul Rosyidah, S.Ag dan Dewi Catur Wati, S.Pd)

Gema  Wahyu Ilahi dan Mahalul Qiyam oleh Perwakilan Penyuluh Agama Honorer Kecamatan  Jenu
Menyanyikan Lagu Indonesa Raya  dan  Mars Penyuluh Agama Islam
Pembacaan SK Pengurus FKPAI oleh Ketua Pokjaluh K. khoirul Muqim, S.Ag

Perwakilan Pengukuhan Pengurus FKPAI dan  Pemberian SK Penyuluh sebanyak 80 Oramg

Prosesi Santunan Anak Yatim

Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban oleh Drs. Sahid, MM

Sambutan Ketua FKPAI Kabupaten Tuban  oleh Ustadz  Subhan

Penyampaian  Materi Pembinaan oleh Kasi Bimas Islam Kabupaten Tuban Drs. Moh. Qosim, M.MPd

Penutup /Doa

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Drs. Sahid, MM dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan “Penyuluh Agama Islam memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis di masyarakat, yaitu sebagai Informatif, Edukatif, Konsultatif dan Advokatif terutama untuk memberikan pemahaman dan penyuluhan Agama termasuk juga mewaspadai situasi yang terjadi di masyarakat. Terutama di masa pendemi Covid 19, karena melihat Kasus Positif Covid 19 masyarakat semakin hari semakin bertambah.

Lanjut Beliau Sebaga Penyuluh setidaknya memiliki peran sebagai pemberi Informasi kepada masyarakat. Penyuluh juga memiliki waktu untuk selalu berkonsultasi tentang keagamaan di masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan demi terwujudnya masyarakat yang religius dan taat beragama serta harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik di masyarakat, mampu meningkatkan kinerja, membimbing dan membina untuk meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama,ungkap_Nya

Lebih lanjut, Beliau menambahkan bahwa Penyuluh Agama selain sebagai figur juga berperan sebagai pemimpin masyarakat, sebagai imam dalam masalah agama dan masalah kemasyarakatan serta masalah kenegaraan dalam rangka mensukseskan program pemerintah. Dengan kepemimpinannya, penyuluh agama tidak hanya memberikan penerangan dalam bentuk ucapan-ucapan dan kata-kata saja, akan tetapi bersaama-sama mengamalkan dan melaksanakan apa yang dianjurkan. Keteladanan ini ditampakkan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan mengikuti petunjuk dan ajakan pemimpinnya Drs. Sahid. MM

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembagian Surat Keputusan ( SK) Penyuluh Non PNS yang diberikan secara simbolis yang diwakilkan oleh 10 oleh Kepala Kantor Kemenag Tuban.







Belum ada Komentar

Posting Komentar