Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Supaya Faham Apa itu NU Care -LAZISNU? Mari Baca Artikelnya !!!



LAZISNU Adalah lembaga resmi dibawah naungan Nahdlatul Ulama yang menangani pengeloalaan zakat, infaq dan shodaqah mulai dari kegiatan perencanaan, pengumpulan, pengelolaan, pendistribusian dan pendayagunaan serta pelaporan kepada publik. Dan kemudian di- rebranding dengan sebutan NU Care-Lazisnu untuk menguatkan simbol ke-NU-an dalam rangka membangkitkan kembali sepirit filantropi Islam Nusantara dan mempertajam gerakan NU berzakat, infaq & shodaqah menuju kemandirian ummat.

 Visi dan Misi NU Care-Lazisnu

Visi:
Bertekad menjadi lembaga pengelola dana masyarakat (Zakat, Infaq, Shadaqah, CSR dan dana sosial lainnya) yang didayagunakan secara amanah & profesional untuk kemandrian umat.

Misi:
1. Mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat, infaq, dan shodaqah dengan rutin dan tepat sasaran.
2. Mengumpulkan/ menghimpun dan mendayagunakan dana zakat, infaq dan shadaqah secara profesional, transparan, tepat guna dan tepat sasaran.
3. Menyelenggarakan program pemberdayaan masayarakat guna mengatasi problem kemiskinan, pengangguran dan minimnya akses pendidikan yang layak.

Resmikah NU Care-Lazisnu? Sudah legal dan memiliki izin kah?
NU Care-Lazisnu keberadaanya disahkan melalui Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 255 Tahun 2016 tentang Pengukuhan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS).

Digunakan untuk Apa hasil perolehan Zakat, Infaq & Shadaqah Lazisnu?
Pentashorufan Lazisnu sesuai 4 pilar Program NU Care-Lazisnu, yaitu:

Program Pendidikan
Yaitu layanan mustahiq berupa bantuan pendidikan baik kepada guru maupun kepada para siswa, santri dan mahasiswa yang tidak mampu dan/atau berprestasi.

Program Kesehatan
Yaitu layanan mustahiq berupa bantuan peningkatan layanan kesehatan gratis kepada mustahiq.

Program Pengembangan Ekonomi
Yaitu layanan mustahiq yang berupa pemberian bantuan pengembangan, pemasaran, peningkatan mutu, dan nilai tambah dan/atau memberikan modal kerja dalam bentuk dana bergulir kepada petani, nelayan, peternak dan pengusaha mikro.

Program Tanggap Bencana
Yaitu program tanggap darurat untuk bencana, yang fokus pada rescue, recovery, dan development.

Bagaimana cara Lazisnu mengelola dana masyarakat dan bagaimana pelaporannya?
Lazisnu mengimplementasikan standar manajemen ISO 9001:2015 yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi NQA dan UKAS Management System dengan nomor sertifikat: 49224 yang telah diterbitkan pada tanggal 21 Oktober 2016, dengan komitmen manajemen MANTAP (Modern, Akuntable, Transparan, Amanah dan Profesional).

Apa yang dimaksud GERAKAN KOIN NU?

Gerakan koin ini asli lahir dari rahim NU, dan merupakan *Gerakan Nasional* dan secara resmi diluncurkan oleh Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj pada tanggal 14 April 2017.

Bentuk gerakan ini adalah *Setiap warga NU diberikan KOTAK/ KALENG KOIN* Gratis disetiap rumah warga, yang kemudian uang infaq akan diambil oleh petugas sesuai jadwal untuk dikelola sesuai juknis & SOP yang ada.
Hadirnya program ini harus didasari dan  disadari sebagai upaya & semangat bersama Jamaah Nahdlatul Ulama untuk menghadirkan NU  yang mandiri dalam pembiayaan program organisasi dari tingkat MWC sampai dengan tingkat Anak Ranting NU. Semoga melalui gerakan koin NU, akan membawa kemaslahatan bagi ummat, dan  benar-benar menjadi organisasi yang mandiri, berdaulat secara ekonomi, dan kuat secara ideologi.

Kenapa harus di Lazisnu..?
Karena Lazisnu adalah satu-satunya LAZ Resmi dibawah naungan NU, dan kita adalah warga NU. Oleh karena itu sudah semestinya kita salurkan Zakat, Infaq & Shodaqah (ZIS) kita di Lazis NU, Sebab kembalinya pun juga kepada jam'iyyah &  Jamaah NU itu sendiri.

Belum ada Komentar

Posting Komentar