Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Launching Pusaka Sakinah KUA Kec. Palang


Ucapan selamat di sampaikan kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban ... kepada KUA Kecamatan Palang  yang ditunjuk menjadi Pilot Project  KUA Pusat Layanan Keluarga Sakinah.  “Penunjukan PUSAKA Sakinah di provinsi Jawa Timur hanya 7  lokasi dan salah satunya adalah KUA kecamatan Palang,".

Launching Pusaka Saakinah digelar   (28, 30, 31/12) bertempat di KUA Kecamatan Palang. Selain Kepala KanKemenag, kegiatan juga di hadiri Kasi Bimas Islam, Forkompincam,  Pimpinan instansi se-kecamatan Palang, PPK kecamatan,  pimpinan Puskesmas Sumurgung dan Palang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, 8 Penyuluh Kecamatan Palang dan  beberapa Pasang Keluarga yang akan di bimbing.

Penyebab tingginya angka perceraian, tingginya angka perkawinan usia remaja/ bahkan usia anak, tingginya angka kriminalitas, KDRT, pertengkaran merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa. Terkait hal ini Kementerian Agama telah memiliki program unggulan yakni, 1) Binwin  (program bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, b) . Binwin Run (Program bimbingan perkawainan bagi remaja usia nikah) dan 3) Pusaka Sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah).

Pusaka Sakinah diadakan dalam rangka mendukung rencana kerja pemerintah dibidang pembangunan dan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga sakinah bagi keluarga muslim di Indonesia. “Program Pusaka Sakinah adalah wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawainan yang ideal,”.

Pusaka sakinah merupakan branding terhadap layanan yang disedaikan oleh KUA kecamatan Palang yang dikelompokan ke dalam 1) BERKAH (Belajar Rahasia Nikah) berupa Bimbingan perkawinan, Relasi Sehat, Ekonomi Keluarga dan sebagainya. 2) KOMPAK (Konseliang, Mediasi, Pendampingan, Advokasi dan Konsultasi) merupakan layanan terhadap problematika perkawinan dan keluarga seperti penyelesaian Kasus, Perselilisihan, KDRT, Kawin Anak dan sebagainya. Dan 3) LESTARI (Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Indonesia) layanan bersama antar lembaga terkait yang disediakan bagi masyarakat untuk mengatasi persoalan keluarga seperti Pencegahan Kawin Anak, Kesehatan Repoduksi Gizi Keluarga dan sebagainya."

Nantinya yang bisa mengikuti program Pusaka Sakinah adalah masyarakat umum di wilayah kecamatan. Sedangkan jumlah peserta bimbingan tatap muka BERKAH setiap angkatan adalah 15 pasang (30 orang) di mana diutamakan usia di bawah 40 tahun dan usai perkawinan dibawah 10 tahun,.

“Adapun narasumber yang mengisi adalah narasumber yang telah mengikuti bintek fasilitator dan mendapat sertifikat bintek Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) yang diselenggarakan Kemenag, “.




Belum ada Komentar

Posting Komentar