Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

LAPORAN KEGIATAN PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KECAMATAN PALANG DALAM RANGKA PEDULI WARGA TEDAMPAK COVID-19

 


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.  Wb

Puji syukur alhamdulillah selalu kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Palang  selama pandemi covid-19.

Sholawat dan salam mudah-mudahan tetap terscurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para shahabat Beliau.

Laporan ini berisi berbagai kegiatan dari PAIH Kecamatan Palang selama masa pandemi covid-19. Dalam kesempatan kali ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada: 

Bapak Drs. Sahid, MM. selaku Kepala Kemenag Kabupaten Tuban

Bapak Haris Rihandoko, S. Ag selaku Kepala KUA Kecamatan Palang

Ibu Lailatul Rosyidah, S. Ag. Selaku Penyuluh Fungsional Kecamatan Palang

Teman-teman Penyuluh Agama Islam se Kabupaten Tuban

Semoga laporan kegiatan ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi tolak ukur peran Penyuluh Agama Islam Kecamatan Palang dalam keikutsertaanya berbakti sosial kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19. Kami menyadari keterbatasan yang kami miliki, untuk itu kami mengharap dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan laporan kegiatan dari Penyuluh Agama Islam Kecamatan Palang.


Kata Pengantar

Daftar Isi

A. Latar Belakang

B. Tujuan Kegiatan

C. Ruang Lingkup


LAPORAN

A. Jenis Kegiatan

B. Tempat dan Waktu Kegiatan

C. Struktur Personal Anggota FKPAI Kecamatan Palang

D. Persiapan Dan Rencana Kegiatan

E. Pelaksaan Kegiatan

F. Kesulitan Dan Hambatan

G. Hasil Kegiatan

H. Dokumentasi Kegiatan

KESIMPULAN.

LATAR BELAKANG

Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Kecamatan Palang tahu bahwa pandemi Covid-19 merupakan virus baru yang mudah menular. Di sisi lain, masih banyak masyarakat kita yang tidak begitu peduli dengan kebersihan yang dapat membuat virus ini mudah menular, mengancam nyawa kita dan orang di sekeliling kita. Dalam hal ini, FKPAI Kecamatan Palang sadar akan membantu sesama terutama ikut berpartisipasi secara terus-menerus memberi penyuluhan terkait bahaya Covid-19.

FKPAI Kecamatan Palang berinisiatif melakukan kegiatan bakti sosial guna membantu garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Hal ini diwujudkan dengan membagikan masker, himbauan dalam bentuk sosialisasi melalui media sosial dan berbagai kegiatan lainnya kepada masyarakat sekitar yang terdampak covid-19.

Selain itu, bakti sosial FKPAI Kecamatan Palang juga dilaksanakan bersama kegiatan ormas dan stake holder lainnya dengan bantuan sembako, penyemprotan disinfektan, bagi-bagi masker gratis. Diantara kegiatan-kegiatan tersebut yang sering dilaksanakan oleh FKPAI Kecamatan Palang selama masa pandemi covid-19 ini adalah dengan mengimbau masyarakat melalui media sosial untuk selalu menjaga kebersihan, menggunakan masker saat keluar rumah, hindari kerumunan, pergi seperlunya saja, dan selalu cuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penularan Covid-19 ini.

Bakti sosial ini dilakukan langsung oleh FKPAI Kecamatan Palang yang dilaksanakan mulai awal masa Lockdown dan PSBB sampai sekarang. Diharapkan dengan bakti sosial FKPAI Kecamatan Palang ini, semua masyarakat juga ikut andil akan pentingnya kesehatan dengan selalu menggunakan masker. Serta untuk para petugas tim gugus masyarakat sebagai garda terdepan, juga memberikan pelayanan keamanan dan penyuluhan terkait pentingnya memakai masker serta rajin cuci tangan.


TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan FKPAI Kecamatan Palang mengadakan kegiatan peduli warga terdampak covid ini adalah sebagai wujud kepedulian FKPAI Kecamatan Palang terhadap sesama manusia. Disamping itu FKPAI Kecamatan Palang juga ingin mengetahui latar belakang para kaum marjinal yang membuat mereka bertahan dengan kondisi yang tidak layak untuk mereka dapatkan. Semoga ini menjadi sebuah peringatan bagi kita, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang hidup jauh dari kelayakan, dan jauh dari kecukupan. Dengan demikian menyadarkan kita agar kita selaku manusia yang di beri kecukupan untuk selalu mensyukuri apa yang sudah kita miliki. 

RUANG LINGKUP

Dalam kegiatan ini FKPAI Kecamatan Palang juga bekerja sama dengan beberapa organisasi masyarakat dan banomnya yang ikut andil dalam kegiatan-kegiatan peduli warga terdampak covid-19 di Kecamatan Palang ini.


LAPORAN

JENIS KEGIATAN

FKPAI Kecamatan Palang mengadakan kegiatan peduli warga terdampak covid-19 ini dengan membagikan masker yang berasal dari kas FKPAI Kecamatan Palang Untuk kegiatan yang lainnya FKPAI Kecamatan Palang melaksanakannya bersama dengan ormas dan banom masing-masing anggota FKPAI Kecamatan Palang 


TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN 

Tempat : Kawasan Sekitar Kecamatan Palang 

Hari : Menyesuaikan kegiatan masing-masing PAI Palang 

Tanggal : Menyesuaikan kegiatan masing-masing PAI Palang


STRUKTUR PERSONAL ANGGOTA FKPAI KECAMATAN PALANG 


Muhammad Faizin : Bidang Aliran Semapal/Radikalisme

Karmuji, S.Sy., M.Sy : Bidang Produk Halal

Alvin Nasikin, S.Ag : Bidang Narkoba & HIV AID

Sarwi : Bidang Wakaf

Saiful Hilal : Bidang Baca Tulis Al Qur'an

Irsyad Ridho : Bidang Keluarga sakinah

Hasanuddin.  : Bidang Zakat

Dewi Catur Wati, S. Pd : Bidang Kerukunan Umat Beragama


PERSIAPAN DAN RENCANA KEGIATAN 

Kegiatan FKPAI Kecamatan Palang sendiri (Bagi-bagi Takjil dan Masker) dalam pendanaannya adalah iuran anggota dan bekerjasama dengan ormas untuk membeli  masker yang akan dibagikan kepada warga di kecamatan Palang

Bagi-bagi sembako kepada warga terdampak Covid 19 di desa sekecamatan Palang

Menyiapkan beberapa analisa menyangkut dengan latar belakang dan kondisi masyarakat sekitar

Rencana ini dilaksanakan atas dasar mematuhi arahan dan instruksi Kemenag Kabupaten Tuban untuk kegiatan penyuluhan selama pandemi covid-19

Bekerja sama dengan ormas dan tim gugus untuk ikut berpartisipasi dalam bakti sosial kepada masyarakat terdampak covid-19

PELAKSAAN KEGIATAN 

Terjun secara langsung kepada warga masyarakat

Melakukan Sosialisasi protokol kesehatan dengan unggah pamflet dan himbauan melalui media sosial blogger, facebook, twitter, instagram, whats up, youtube, dan sebagainya

KESULITAN DAN HAMBATAN

Kesulitan dari apa yang sudah FKPAI Kecamatan Palang lakukan adalah pendanaan, sehingga hanya kegiatan bagi-bagi ta’jil yang murni merupakan agenda kegiatan yang dilakukan oleh FKPAI Kecamatan Palang pribadi, sebagian besar kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh FKPAI Kecamatan Palang adalah nimbrung dengan kegiatan organisasi kemasyarakatan yang di ikuti oleh masing-masing personal FKPAI Kecamatan Palang

 

HASIL KEGIATAN

Berbagai hasil kegiatan FKPAI Kecamatan Palang dalam rangka kegiatan peduli warga terdampak covid-19 ini disajikan dalam bentuk dokumentasi yang disertai dengan narasinya.


PENUTUP

Dengan terlaksananya kegiatan ini kami FKPAI Kecamatan Palang mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, sehingga kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Begitu juga terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial peduli warga di pandemi covid 19 ini. 

Hal yang dapat kami simpulkan, bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial dimana kita saling membutuhkan. Meringankan sedikit beban saudara-saudara kita merupakan suatu kewajiban bagi kita yang mampu, bukan acuh atau menghardik dengan cemohan-cemohan yang tidak baik. Mari datangi, kasihi, dengan mendengarkan orang-orang yang berada dibawah kita, sehingga kita bisa merasakan, menempatkan diri kita ke tempat yang saat ini mereka rasakan. Setelah itu kita tidak hanya duduk melihat tapi mengulurkan tangan memberi dan mengasihi saudara-saudara di sekeliling kita “Allah akan menolong hamba-Nya selama hambanya mau menolong saudaranya”. 

Yang terkahir kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih ditemui banyak kekurangan dalam laporan kegiatan ini, saran yang baik sangat kami harapkan semoga akan membuahkan hasil yang baik pula demi perbaikan dikegiatan selanjutnya.

Belum ada Komentar

Posting Komentar