Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Peran dan Fungsi Penyuluh Agama

 

Penyuluh Agama adalah penyuluh agama islam yang diberi tugas tanggung jawab dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan penyuluhan agama.

Tujuan Penyuluh Agama Islam adalah untuk mewadahi keberadaan dan sekaligus mengakomodir keahlian dan keterampilan yang dapat membantu menjalankan sebagian tugas pemerintah dibidang pembinaan kehidupan beragama.

Dasar Hukum

Keputusan Menteri Agama (KMA) 164 tahun 1996 Jo No. 776 Tahun 2016 tentang Honorarium Penyuluh Agama Non PNS;

Keputusan Dirjen Bimas Islam No. DJ. III/342/Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS;

Surat Dirjen Bimas Islam No. B.2262 tanggal 6 September 2016 tentang Pedoman Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non PNS Tahun 2016

Tugas Pokok 

Tugas pokok penyuluh agama non PNS ada dua; 

pertama; melaksanakan bimbingan agama islam, yaituproses pemberian bantuan kepada individu secara berkelanjutan dan sistematis yang dilakukan oleh penyuluh agama Islam yang telahmendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus.

Kedua; melaksanakan penyuluhan agama Islam, yaitu proses upaya melakukan perubahan prilaku dalam beragama melalui penyebaran informasi, komunikasi, motivasi dan edukasi baik secara lisan, tulisan, peragaan maupun pendampingan kepada kelompok binaan.

Fungsi Pokok:

Ada beberapa Fungsi Penyuluhan Agama antaralain informative, komunikatif, edukatif dan motivatif.  

Yang dimaksud dengan fungsi Informatif adalah bahwa apa yang disampaikan oleh Penyuluh Agama harus bersifat informative baik yang berfungsi untuk menambah ilmu (koqnitif), merubah sikap dan prilaku, maupun sebagai nasehat bagi audien sebagai hamba dan wakil Tuhan di bumi.

Fungsi Komunikatif adalah bahwa penyampaian penyuluh Agama hendaknya bersifat komunikatif baik yang didukung oleh teknikorasi, intonasi, alat dan media, maupunyai gaya bahasa yang digunakan.

Yang dimaksud fungsi Edukatif adalah bahwa penyuluhan bukan hanya menyampaikan ilmu dan pesan moral, tetapi juga bimbingan dan keteladanan.

Sedang fungsi Motifasi dimaksud adalah, bahwa pemberian motivasi dalam penyuluhan merupakan hal yang tidak mudah tapi sangat penting baik melalui keteladanan dalam menyampaikan maupun dukungan kisah-kisah heroic yang relefan dengan tema penyuluhan.


Bentuk Materi Penyuluhan

Materi Penyuluhan Agama, Secara Rinci Terdiri Dari materi Agama Islam yang meliputi aqidah, syari’ah dan akhlak:

1. Akidah atau Pokok-Pokok keyakinan Islam meliputi:

Iman Kepada Allah.

Iman Kepada Malaikat.

Kitab-Kitab Allah.

Rasul-Rasul Allah.

Hari Akhirat.

Qodho Dan Qodhar

2. Syari’ah atau pokok-pokok peraturan yang harus dijalankan terdiri atasibadah (ritual), danmu’amalah (perdata). Pokok-pokok ibadah meliputi, thaharah, Shalat, puasa, zakat, dan haji. Sedang Mu’amalat,  meliputiJual beli,  Nikahdan Waris.

3. Akhlak, terdiri dari  Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada manusia dan akhlak terhadap makhluk lainnya.

4. Materi penunjang yang meliputi Al-Qur’an,  Al-Hadist, Sejarah dan kebudayaan Islam.


Penyuluhan Agama Melalui: 

Penyuluh agama dapat melaksanakan tugas penyuluhan dalam berbagai bentuk  sebagai berikut  :

Ceramah Agama, Penyuluhan agama tatap muka bias berupa ceramah agama, bias juga berupa konseling. 

Melalui Media  :

R a d i o :

Penyuluhan agama juga dapat dilakukan melalui media cetak maupun elektronik. Namun penyuluhan dalam bentuk ceramah atau dialog hanya dapat melalui media elektronik, salah satunya adalah radio baik radio  swasta maupun  RRI  dimana  penyuluh agama  yang bersangkutan  menyampaikan  siaran  langsung  atau  pemutaran/ rekaman  kaset  (  tidak   langsung  ).

Televisi  :

Penyuluhan  melalui  televisi  atau  kegiatanpelaksanaan        penyuluhan agama  secara  lisan yang  dilakukan  dengan  meng-  gunakan  alat  atau  media  televisi  baik  secara langsung  atau    pemutaran  rekaman  (  tidak  langsung  ).

Pentas  Pertunjukan.

Pentaspertunjukan adalah  kegiatan  penyuluhan yang dilakukan  secara  lisan   ataupun  dengan gerakan   yang  dilakukan dalam suatu pertun jukan  drama keislamandan  penyuluh  agama bertindak  sebagai  salah  satu pemain  atau  pemegang  peranatausutradara.


Konsultasi

Konsultasi merupakan kegiatan pemberian informasi, penjelasan, jalan keluar pemecahan terhadap suatu persoalan yang dihadapi oleh seseorangan.Jadi Konsultasi bisa dilakukan kepada perorangan dan juga bisa dilakukan terhadap kelompok masyarakat. 

konsultasi secara perorangan adalah kegiatan pemberian informasi, pen-jelasan, jalan keluar pemecahan terhadap suatu persoalan yang dihadapi, oleh perorang-an yang secara tegas memohon bantuan kepada penyuluh agama materi konsultasi berkaitan dengan keagamaan.

Melaksanakan konsultasi secara kelompok adalah kegiatan pemberian informasi, pen-jelasan dan jalan keluar yang dilakukan penyuluh agama terhadap kelompok masyarakat yang secara tegas meminta jasa konsultasi dalam rangka memecahkan suatu persoalan dibidang keagamaan atau pembangunan melalui bahasa agama. 

Untuk melakukan laporan kegiatan bimbingan/penyuluhan melalui proses konsultasi.


Belum ada Komentar

Posting Komentar