Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Sekenario Sang Pencipta Kehidupan dalam kehidupan


 

وَكَذَ ٰ⁠لِكَ جَعَلۡنَا لِكُلِّ نَبِیٍّ عَدُوࣰّا شَیَـٰطِینَ ٱلۡإِنسِ وَٱلۡجِنِّ یُوحِی بَعۡضُهُمۡ إِلَىٰ بَعۡضࣲ زُخۡرُفَ ٱلۡقَوۡلِ غُرُورࣰاۚ وَلَوۡ شَاۤءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُۖ فَذَرۡهُمۡ وَمَا یَفۡتَر

[Surat Al-An'am 112]

Artinya: 

"Dan seperti itu juga (skenario Allah) Kami telah menjadikan untuk setiap nabi ada musuh yang terdiri dari setan-setan manusia dan jin yang saling memberi inspirasi sebagian dengan sebagian yang lainnya, dengan kata-kata yang indah sebagai tipuan. Jika Tuhanmu menghendaki mereka itu tidak akan melakukan itu. Maka biarkan mereka dan apapun yang mereka buat-buat itu". 

Takwil, 

Ayat tersebut mengisyaratkan agar kita:

1. Tidak stress dengan sikap dan tipu daya orang yang memusuhi perjuangan kita. Yang penting kita terus maju ke depan, jangan sampai terganggu dengan para penggoda di sekitar kita. 

2. Mengetahui, bahwa untuk setiap tokoh pejuang dakwah, pasti ada tokoh yang memusuhinya. Dan adalah skenario Allah agar kehidupan menjadi dinamis. 

3. Mau memahami dan menghayati betapa pentingnya mengetahui peta perjuangan, mana pihak Nabi (pihak yang benar) dan mana pihak setan. Sehingga perjuangan kita bisa Istiqomah dan sukses.

Belum ada Komentar

Posting Komentar