Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Perencanaan Strategi Penerapan E--Money Sebagai Upaya Memudahkan Transaksi Santri Di Perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan

  


Perencanaan Strategi Penerapan E--Money Sebagai Upaya Memudahkan Transaksi Santri Di Perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan.

Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Pesantren Sunan Drajat 

(INSUD) Lamongan Jawa Timur. Pembimbing I: Dr. Hj. Biyati Ahwarumi, S.E., M,A. Pembimbing II: Dymas Yulia Putri Kusumaningtyas, S.H.I., M.H. 

Kata Kunci : Perencanaan Strategi, E-money

E-money merupakan sebuah produk elektronik yang digunakan sebagai alat pembayaran yang nilai uangnya akan tersimpan dalam sebuah media elektronik setelah pengguna menyetorkan sejumlah uang kepada issuer untuk di top up. Penerapan e-money dipesantren juga merupakan bentuk pengaplikasian ilmu dan respon terhadap perkemangan zaman. Munculnya program e-money di pesantren terhadap perkembngan teknologi dan informasi. penerapan sistem pembayran manual dianggap kurang efektif dan efesien sehingga e-money menjadi solusi untuk memudahkan transaksi leih cepat dan praktis. Penerapan e-moneydi lingkungan pesantren juga dapat mengurangi efek negatif dari penyalahgunaan uang saku dan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran pondok akibat penggunaan uang tunai. 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumusan masalah yaitu bagaimana Analisis SWOT E-money di Perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat dan bagaimana perencanaan strategi penerapanE-money di Perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan melakukan obsesvasi, wawancara dan dokumentasi. 

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya analisa SWOT sematamata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang ditujukan untuk menggambarkar situasi sebuah perusahaan atau organisasi. Kekutan dari penerapan e-money memudahkan wali santri dalam mengontrol uang terutama dalam belanja santri, biaya kebutuhan dan biaya bulanan. Kelemahannya SDM masih lemah rendah terhadap teknologi dan belum ada program yang bersifat strategis. Peluangnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan pesantren terlebih tautan dalam SDA yang memadai. Tantanganya persaingan yang semakain komperatif dan bagaiman caranya bertahan. Perkembangan teknologi pesantren mengadopsi sistem pembayaran non tunai untuk mempermudah proses pembayaran. Sistem pembayaran non tunai dilakukan pesantren dengan bersinergi dengan perbankan. Sistem ini lebih cepat, transaksi


Penulis/peneliti: Putri, Rafi Alviyani, S.E

 lancar dan laporan keuangan 

lebih akurat. Sistem pembayaran berbasis online ini

 merupakan ide dari 

banyaknya wali santri yang khawatir terhadap uang a

naknya dan juga bentuk anti 

sipasi dari kehilangan uang santri jika memegang ua

ng terlalu banyak. 

Belum ada Komentar

Posting Komentar