Karmuji.com | Penyuluh Agama Islam Tuban

Uji Akurasi Arah Kiblat Dengan Metode Mizwala Qibla Finder .



Uji  Akurasi Arah Kiblat Masjid Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan  Dengan Metode Mizwala Qibla Finder .

Masjid Pondok Pesantren Sunan Drajat tersebut diresmikan pada tahun 2000 yang di resmikan oleh Presiden ke empat yaitu KH. Abdurrohman wahid. Dari awal pembangungan hingga sekarang pada tahun 2021 Masjid Pondok Pesantren Sunan Drajat ini belum pernah di cek dan diuji akurasi menggunakan metode Mizwala Qibla Finder. Penelitian ini bertujuan menjawab beberapa masalah yang pertama, apa metode yang digunakan pada saat perhitungan awal Masjid Pondok pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Kedua bagaimana proses pengukuran arah kiblat dengan menggunakan Mizwala Qibla Finder ketiga bagaimana uji akurasi arah kiblat Masjid Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dengan Metode Mizwala Qibla Finder.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Data-data yang dikumpulkan meliputi informasi umum Masjid Pondok Pesantren Sunan drajat, metode penentuan arah kiblat Masjid dan arah kiblat Masjid sekarang ini melalui teknik penggalian data observasi, wawancara, dan studi dokumen yang bersumber dari takmir Masjid, dokumen Masjid. Kemudian penelti melakukan eksperimen lalu data dianalisis untuk memaparkan subyek proses pengukuran dan hasil dari pengukuran  metode Mizwala Qibla Finder dan pengukuran azimut dengan alat bantu GPS. 

Metode yang digunakan pada awal pengukran masjid pondok pesantren sunan drajat metode klasik atau ilmiah alamiyah. Metode kalsik dalam hal ini yaitu pengamatan langsung yang dilakukan masayikh -masayikh pondok melalui pergerakan matahari dari awal terbit hingga terbenamnya matahari. Mizwala Qibla Finder pengukur azimuth syathr kiblat yang merupakan modifikasi dari (sundial) yang terdiri dari beberapa komponen seperti gnomon, bidang level dan bidang dial putar. Pada proses pengukuran arah kiblat alat yang harus disiapkan antara lain seperti benang, gunting, penggaris, dan selotip,data lintang dan bujur tempat serta tanggal dan waktu pengecekan. Jika semua data sudah diinput ke dalam software Mizwah.xls, maka akan mucul nilai azimuth kiblat, data azimuth Matahari (as-simtu), dan azimuth bayangan Matahari (mizwah). Berdasarkan pengukuran penulis selama dua hari pada waktu dan jam yang berbeda. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa arah kiblat Masjd Pondok Pesantren Sunan Drajat adalah 294º1’. Sedangkan saat dilakukan pengecekan dengan Menggunkan Mizwala Qibla Finder penulis menemukan bahwa arah kiblat Masjid Pondok Pesantren Sunan Drajat melenceng sebesar 2º-3º dari arah kiblat yang sebenarnya. 

Hal ini kemungkinan besar dikarenakan proses pengukuran arah kiblat yang dilakukan saat pengukuran awal Masjid, menggunakan metode yang sangat klasik, sehingga saat arah Kiblat Masjid Pondok Pesantren Sunan Drajat diuji menggunkan kontemporer yakni Mizwala Qibla Finder ditemukan adanya kemelencengan yang yang masih bisa ditolerir.

Peneliti,

Yasirul Amin, 2021

Belum ada Komentar

Posting Komentar